Headlines News :
Home » » Dzikir Asma’ulhusna dan Manfaatnya

Dzikir Asma’ulhusna dan Manfaatnya

Written By Al Hasani Karangnanas on Tuesday, February 19, 2013 | 11:24:00 PM

                                                                     
       
  Klik Bacaan Dzikir / Mujahadah Asmaaul Khusnaa

Allah SWT melalui Al-Qur’an banyak sekali menganjurkan kita untuk selalu berzikir dengan menyebut nama-nama-Nya yang tercantum dalam Asma’ul husna sebanyak banyaknya. Allah tentu tidak akan menganjurkan sesuatu yang sia sia kepada kita. Banyak hikmah dan manfaat yang tersembunyi di balik pelaksanaan “Dzikir Asma’ul husna ” ini.
Kita manusia ini sebenarnya adalah mahluk Ruh yang abadi. Kita sebagai mahluk Ruh telah diciptakan jauh sebelum tubuh dan jasad kita terbentuk. Allah meniupkan Ruh kita kedalam jazad ketika umur 120 hari didalam kandungan, kemudian kita lahir kedunia sebagai seorang bayi yang lemah, tumbuh menjadi remaja, dewasa, dan tua. Kemudian setelah datang kematian Ruh kita dipisahkan kembali dari jasad. Selanjutnya Ruh meneruskan perjalannya di alam barzakh, kemudian pada hari berbangkit dipertemukan kembali dengan jasad yang baru. Dengan jasad yang baru, kita dikumpulkan di padang Mahsyar menghadapi hari berhisab, untuk mempertanggung jawabkan semua amal perbuatan kita selama hidup didunia.
Sejak bersatu dengan jasad di dalam kandungan kemudian lahir kedunia, Ruh akan menempuh perjalan yang panjang penuh rintangan dan kesulitan. Menempuh kehidupan dunia, alam barzakh (kubur), padang Mahsyar, hari berhisab, lembah Neraka, selanjutnya tetap tinggal di Neraka atau berhasil lolos menuju taman Syurga.
Selama hidup di dunia tubuh kita membutuhkan makan dan minum untuk tumbuh dan tetap bertahan hidup. Ruh juga butuh makan dan minum untuk tetap tumbuh dan bertahan hidup, apalagi masa (waktu) yang harus ditempuh Ruh jauh lebih lama dan panjang daripada masa yang ditempuh oleh jasad. Hanya saja makanan dan minuman Ruh tidak sama dengan makanan jasad.
Kita sudah kenal makanan yang lezat untuk jasad kita, Ruh tidak membutuhkan makanan seperti itu, Makan dan minuman Ruh adalah ayat Qur’an, dan kalimat dzikir Asma’ulhusna. Saat berzikir dengan Asma’ul husna dan membaca Qur’an adalah saat memberi makan Ruh kita.
Ruh yang cukup mendapat makanan zikir Asma’ul husna dan ayat Qur’an akan bertahan hidup abadi sepanjang masa. Ia akan melalui tahap demi tahap kehidupan dengan mudah tanpa kesulitan , karena ia memiliki kekuatan energy Ilahi yang didapat dari makanan kalimat dzikir dan ayat Qur’an yang dibacanya.
Ruh yang tidak mendapat makanan cukup dari kalimat dzikir dan Al-Qur’an akan menderita dalam perjalan hidup di dunia, apalagi di alam barzakh dan hari berbangkit kelak. Ia akan berada dalam penderitaan yang kekal dan abadi selama lamanya didunia maupun diakhirat.
 Kalimat Zikir Asma’ul husna yang dibaca berulang ulang dengan khusuk akan merasuk ke dalam relung jiwa dan Ruh, memberi kekuatan dan stamina yang Prima pada Ruh kita. Sifat Allah yang terkandung dalam kalimat Asma’ul husna akan meresap kedalam setiap relung jiwa dan Ruh kita memberikan energy Ilahi yang dahsyat. Dengan energy Ilahi yang dimiliki Ruh mampu mengatasi semua kendala yang dihadapi dalam perjalan panjang yang dilaluinya. Insya Allah ia akan datang di hadapan Allah kelak dihari berbangkit dengan wajah berseri penuh kemuliaan. Energy Ilahi yang memancar dari Ruh yang banyak berzikir mengingat Allah, di hari kiamat akan terlihat berupa cahaya terang yang menyelimuti sekujur tubuh orang yang ber-Iman, sebagaimana disebutkan dalam surat Al Hadit ayat 12 :

(yaitu) pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, (dikatakan kepada mereka): “Pada hari ini ada berita gembira untukmu, (yaitu) surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai yang kamu kekal di dalamnya. Itulah keberuntungan yang banyak.

Ruh yang tidak cukup mendapat makanan dari kalimat dzikir Asma’ulhusna atau bacaan ayat qur’an, berada dalam keadaan lemah kurang gizi, didera berbagai penyakit qolbu. Ia tidak memiliki kekuatan yang cukup menghadapi berbagai problem dan masalah yang datang menghadang dalam perjalanan hidupnya.
Di dunia ia didera berbagai penderitaan batin, seperti stress berkepanjangan, takut, cemas, kuatir, jengkel, dendam, kecewa, putus harapan, rendah diri, terhina, merasa dikucilkan dan lain sebagainya. Setelah datang kematian kelak, ia tidak memiliki persiapan yang memadai untuk hidup dialam barzakh, karena selama ini fikirannya hanya fokus pada kehidupan dunia yang juga tidak bisa dinikmati sepenuhnya karena penyakit batin yang diderita.
Dialam barzakh ia terlunta lunta dan sengsara, dihari berbangkit ia akan datang dengan muka yang hitam legam, dan akhirnya ia akan terpuruk dilembah Neraka, kekal abadi tidak pernah bisa keluar dari dalamnya sebagaimana disebutkan dalam surat Az Zumar ayat 60.
Dan pada hari kiamat kamu akan melihat orang-orang yang berbuat dusta terhadap Allah, mukanya menjadi hitam. Bukankah dalam neraka Jahanam itu ada tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri? (Az Zumar 60)

Agar jiwa atau Ruh tetap kuat dan prima setiap saat dalam kehidupan didunia maupun akhirat sediakanlah waktu yang cukup setiap hari untuk melakukan Zikir Asma’ulhusna.
Jiwa dan Ruh yang kuat dan tangguh dapat mengatasi berbagai masalah dan problem hidup dengan mudah, ia akan bebas dari berbagai penyakit jiwa seperti jengkel, kecewa, sedih, stress berkepanjangan dan lain sebagainya.
Zikir Asma’ulhusna dapat dilakukan setelah selesai sholat wajib, sholat sunah, waktu pagi dan sore hari, atau pada sebagian malam. Sebagai contoh dapat kita lakukan kegiatan sebagai berikut :
Setelah selesai sholat baca istighfar 33 x, Subhanallah 33x, Alhamdulillah 33x dan Allahuakbar 33x kemudian baru dilanjutkan dengan membaca Zikir Asma’ul husna
Kegiatan ini bisa juga kita lakukan disore hari menjelang sholat maghrib, setelah sholat maghrib menjelang isya atau pada malam hari sebagai selingan sholat tahajud, atau sesudah sholat subuh. Jika anda memiliki hajat tertentu, maka disarankan anda membaca kalimat Zikir Asma’ul husna.
          Semoga Alloh SWT memberikan kemudahan kepada kita semua, Aamiin.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template